Kisah La Ode Wuna Di Negeri Maluku ( Pulau Seram )


 

Hal 1 hal 2

Baca Juga :
Kisah Laode Wuna di Negeri Maluku/ Pulau Manipa ( Part II )

Iklan

41 responses to “Kisah La Ode Wuna Di Negeri Maluku ( Pulau Seram )”

  1. sultan aulia says :

    Ap yg anda katakn lwt internet jauh sekli mnyimpang dari sejarah…

  2. erkisru says :

    Suka membaca tulisan anda. Tapi saya punya cerita. Tentang sugimanuru ayahnya la kila ponto talu lakina ( sultan Kaimudin abdulmurhum) . Saya mengetahui benteng Bombonawulu kerajaan muna pertama sebelum ibukota kerajaan pindah di Wa Melai oleh La Posusu adiknya laki laponto. Saya tahu cerita La Ode Haramani sampai Randa Suasa

    • Muhammad Alimuddin says :

      Pak erkisru. yang terhormat…… saya akan sangat berterima kasih kalau pengetahuan bapak tentang sugimanuru dan benteng bombonawulu dapat dituangkan di blog ini. Memang dalam beberapa artikel sejarah disebutkan, sebelum menjadi raja Wuna, La Kilaponto menjadi raja muda di ‘Ponto’ wilayah tersebut diperkirakan berada di antara Gu Kecamatan Lakudo saat ini dan Lombe Keamatan Gu. Dimungkinkan pula pada saat menjadi raja muda tsb beliau mulai mengenal islam. hal itu dapat dilihat dari msyarakat yang bermukim diwilayah itu saat ini merupakan penganut agama islam yang taat. La Kilaponto sangat mencintai wilayah tsb, sehingga ketika menjadi Raja/Sultan Butu’uni Darusalam ( Buton ) wilayah itu dimasukan dalam wilayah Kerajaan/Kesultanan Buton.

      Kalau bapak berkenang tulisan bapak dapat dikirmkan ke email kami: mabhuty@gmail.com

      Salam

      Admint

  3. Malik says :

    Tolong sejarah di di detailkan biar jelas dan terang benderang, saya juga mendengar cerita ini tapi hanya sepenggal sepenggal aja, mhn pencerahannya

  4. allan says :

    Sangat menarik menimbulkan rasa ingin tau goresa sejara di atas…
    Kalau ble tau,,,Kenapa sampai kerajaan nunusaku digantikan dngan kerajaan sahulau??? Apakah di kalahkan atau ada penyerahan kekuasaan?
    Trus apa itu kapata..apa sebuah syair yg menceritakan sejara ataukah sebuah cerita yg menurut orang maluku….mohon pejelasanya….

  5. Muhammad Alimuddin says :

    saudar-saudar pemerhati sejarah,khusnya peminat sejarah/mitos??? La ode wuna. Tolong disimak baik2 cerita La Ode wuna yg di copy dan telah di edit seperlunya in. Judul asli astikel tersebut ‘ Sejarah sahulau ‘. Yg patut di diskusikan adalah bukan kebenaran dari artikel tsb,tetapi mengapa certa ttg La Ode wuna jg berkembang di maluku?bahkan menurut beberapa sumber cerita tsb jg berkembang di irian khususnya di daerah fak fak. Mungkinka keberadaan la ode wuna bukan hanya sekedar mitos/dongeng sebelum tidur??? SILAKAN DIDISKUSIKAN

  6. koka says :

    banyak versi yang mengatakan itu, versi seram lain namanya, versi buru juga lain, buton juga lain, sula juga lain, irian juga lain, di jawa juga lain. karena beliau selalu berpindah – pindah. kalau mau lebih jelas dengan cerita diatas, ada baiknya ke kesultanan buton dan kesultanan ternate minta penjelasan cerita di sesepuh adat agar tidak sala dalam mendeskripsikan cerita.

  7. Muhammad Alimuddin says :

    saudara koka, la ode wuna aslinya dar kerajaan wuna (muna ) sekarang menjadi kab. Muna. Dalam legenda di muna la ode wuna diceritakan sebagai sala satu putra raja muna VI Sugi Manuru,saudara lain ibu La kilaponto raja muna VII yg kemudian dinobatkan sebagai raja buton VI/ sultan buton i dgn gelar sultan murhum/sultan Qaimuddin Khalifatul Khamis. Ada juga yg menceritakan dia adalah putra raja wuna la ode husaini gelar omputo sangia. Tp ending dari dua versi tsb sama,yakni dia dibuan ke oenggumora kemudian dia meneruskan perjalanannya ke ternate. Di sanalah dia hidup dan memulai kehidupanya yg baru.

  8. Sulaiman says :

    Drii apa yg z baca di internet telalu banyak pernyataan yg bertolak belakang. . Saran zz sebaikx kta mengali sejarah dengan baik dan benar jgn menyimpang

  9. Muhammad Alimuddin says :

    Saudara Sulaiman yg budiman, saran anda sangat baik, olehnya itu terus kita berusaha ut menggali guna mendapatkan cerita yg memiliki kebenaran yg hakiki.

    Kalau terjadi hal yg kontroversi dalam penulisan sejarah adalah hal yg lumrah. Sebab jgnkan sejarah, ilmu yg eksat saja kadang terjadi kontroversi.

    Yg penting kita dlm menanggapinya hrs dgn cara2 yg ilmiah,berakal dan beradab serta elegan.

    Ut saudara ketahui, dlm penulisan sejara tdk pernah ada yg obyektif, tetapi selalu subyektif dan berdasarkan kepentingan dan sudut pandang penulisnya dan kelompokoya.
    Salam

  10. manu sella says :

    sejak kapan orang Buton buat kerajaan di Tanah maluku, yg pasti klu mereka buat kerajaan pasti orang2 maluku, sudah hancurkan mereka, admin mgkin ga paham masalah sejarah maluku.

    • la kabira says :

      yg trhormt Tuan Manu Sella, tolg perbaxk Baca tentang sejarah dan hubungan orang Buton dgn Maluku. Hal itu bisa sja benar. Ok.

  11. Japen Maulana says :

    tuntaskan dulu pemehaman anda semua tentang kata dan filosofi kerajaan,,, bagi saya tidak ada kerajaan di pulau seram seperti kerajaan majapahit diindonesia, kerajaan belanda, kerajaan inggris, kerajaan arab saudi, dan lain2.. jadi konteks kerajaan yang saya maksudkan saja sudah menggugurkan seluruh komentar dan postingan yang ada, silahkan anda berpendapat dan berdebat..:)

  12. Muhammad Alimuddin says :

    saudara Japen Maulana yg smart.
    Kami sangat menghargai partisipasi anda berkomentar di artikel ini, namun yang menjadi sibstansi dari arrikel tersebut bukanlah eksistensi sebuah kerajaan tapi keberadaan dan kebenaran? sosok Laode Wuna yang melegenda di beberapa wilayah semisal di lepulauan maluku,irian dan sulawesi khusuanya di muna sebagai asalnya dan di buton.

    menurut kami,karena begitu luasnya sebaran legenda laode wuna dgn berbagai ragam etnianya,mungkin perlu didiskuaikan kembali apakah leberadaan laode wuna itu hanya sekedar mitos atau benar adanya?
    sedangkan pencerahan yg anda poating di sini ada ruang lain di blog ini dgn artikel yang pas untuk itu.

  13. La Ode Muh Nuzul says :

    Tolong Di Bedakan Mana Sejarah dan Mana Ceritra Sejarah.
    Tidak Boleh Kita Mengambil Standar Kerangka Pikir Yg Kita Pakai Untuk Menjastifikasi Beliau(Nenek Moyang Kita Dahulua)
    Raga Bisa Berbeda Tetapi Isinya Sama.
    “Konsep Energi Alam”

    • rasa rahasia, rahasia yg kuasa ada dalam rasa, siapa yg bisa merasakanya maka dia yg bisa membahasakan. says :

      betul saudar, raga bisa berbeda bahkan jaman bisa berbeda tapi ada satu tanda yg tdk akan perna berubah pada beliau yg tdk akan terbaca dlm sejarah ataupun cerita sejarah.

    • Ode La Ra Ode says :

      Kalau boleh jangan di bahas lagi….. ku somba ko muhammad na.

  14. muhammad syibil says :

    mas alim yang ingin saya tanyakan (maaf) agak menyimpang dari isi artikel ini namun terusterang saya bisa sampai pada tulisan ini karena keingin tahuan saya mengenai keberadaan kerajaan sahulau – yang katanya kerajaan Islam dan merupakan kerajaan dimana kapitan pattimura (Ahmad lessy/Thomas Matulessy) dilahirkan. mungkin mas punya referensi literatur yang bisa dijadikan rujukan? yang tentunya lebih kepada informasi kerajaan sahulau itu sendiri. terimakasih sebelumnya

  15. muhammad syibil says :

    saudara admint yang ingin saya tanyakan mengenai keberadaan kerajaan sahulau itu sendiri, benarkah sahulau ini merupakan kerajaan islam? adakah literatur yang bisa dijadikan refrensi? trims

  16. atma jayadi says :

    sejarah itu harus tuntas,sistematis jangan di penggal” biar yang menyimak bisa mengerti bung..

  17. aish says :

    Nunusaku dan Sahulau, merupakan dua kerjaan yang berbeda, dan masih ada sampai kini. Kisah La Ode Muna benar ada di Pulau Seram, tapi tidak seperti yg kamu kisahkan. Tulisan ini lebih mengandung opini, krn tak bersumber. Kalau kamu mau, saya antarkan kamu ke Kerajaan Nunusaku. Rasa penasaran kamu yg tertuang dalam tulisan ini, sangat penting dibuktikan lewat peninggalan sejarah Nunusaku, dan Sahulau. Kapan2 yach, kalau ada waktu saja ajak kamu. hehehehehe.

  18. Yoseph Robertzon Noya says :

    INI BUKAN DONGENG,, INI SEJARAH SILSILAH,, DAN INI BENAR,,KALAU MAU TAU SILAHKAN KE NEGERI HULALIU PULAU HARUKU MALUKU TENGAH

  19. Gufron Hasan Sangadji says :

    semuanya buram…….!!!, tidak jelas. Dibutuhkan kejujuran dan kebijaksanaan berfikir, bila ingin berbicara tentang asal-usul tanah seram. Dari sekian komentar yg ada, tampak keegoisan, sehingga kebenaran sejarah sulit terungkap. dan jujur saja,,,,! kayaknya etnis Buton oleh pribumi sulit untuk diterima, walau sebenarnya leluhur mereka (etnis buton) telah menanamkan keringat dan darah mereka di tanah al-muluk ini.
    Coba kita semua renungkan asal nama tanah buton ini:
    kata BUTON berasal dari kata dalam Al-Qur’an yaitu “BUTUN” yg berarti PERUT,

    • Muhammad Alimuddin says :

      Saudara Gufron Hasan Sangadji
      Tdk ada jejak sejarah yg ditinggalkan org buton di tanah Maluku sehingga sangat pantas kalau saudara kita orang Maluku tdk mau menerima kalau ada andil org buton dalam sejarah Maluku.
      Mrngenai La Ode Wuna yg menjadi legenda di tanah Maluku, itu tdk ada keterkaitannya dgn buton karena beliau itu bukan org buton bahkan tdk sedikit pun mengalir di tubuhnya trah butoj. beliau itu adalah org muna putera raja muna ke 6 Sugi Manuru.

      • la kabira says :

        yg trhormt saudara Alimuddin, kata siapa jejak dan bukti sejarah orang Buton tidak ada di Maluku ? itu kata siapa ? hati2 kalau buat perxtaan ! jejak dan bukti Sejarah Orang Buton salah satunya ada di Negeri Assilulu, Jazirah Leihitu.

  20. Putera Tanjung Siang Seram says :

    Saudara Alimuddin jangan keliru,Muna itu bagian dr Buton,cuman itu di berikan untk memimpin di setiap wilayah2 sekitar Buton,Seram juga itu bagian dari Buton,anda hrs tahu sejarah asal kejadian Bumi dan Manusia berawal.

  21. Putera Tanjung Siang Seram says :

    Saudara Alimuddin ternyata kamu buta dan tuli, ingat di setiap daerah Maluku dan seram itu ada jejak buton makax kamu buka mata dan telinga, salah satux jejak2 yg ad itu kuburan tua dan kramat yg ad semuax di maluku dan seram itu penghunix atas nama leluhur orang2 buton,cuman org maluku dan seram skrg ini enggan mengakui itu,dan banyak sekali jejak2 itu di ambon dan seram,cuman leluhur buton tidak pernah tepuk dada dan banggakan diri mereka memilih diam dan tenang sembunyikan jatidirinya,di satu masa akan terukap buton di tanah seram ini.

  22. Muhammad Alimuddin says :

    Putera Tanjung Siang Seram@ kami yg tuli bisu atau anda yg main klaim?? cobap anda jujur makam2 keramat itu, makam org buton atau makam org muna??? jgn lah kebiasaan main klaim itu anda bawah dgn mengklaim juga muna sebagai bagian dari buton. tp kalau anda punya argumen kuat atas klaim anda itu coba upload disini bukti nya. yg benar itu adalaj buton itu bagian dari muna. buktinya sultan buton pertama sampai sampai ke 3 adalajh org muna. sultan2 berikutnya adalah anak cucu org2 muna tsb

  23. Putera Tanjung Siang Seram says :

    Saudara Alimuddin,untk mengetahui muna itu bagian dari buton maka perlu kamu telusuri dulu asal kejadian bumi dan manusia pertama berawal maka dari situ kamu bisa mengenal bumi buton dan manusia ini berada,dan kamu harus tahu artikan arti dari pada buton itu,jika itu kamu tahu maka kamu akan sadar ternyata kejadianx seperti itu dan menyangkut raja2 dan sultan2 itu adalah kegiatan orang2 yang sudah ada menempati pulau2 ini berarti sudah banxak orang kan dan sudah banxk wilayah,olehx itu saudara harus tahu arti buton dengan demikian anda pasti mengetahui keberadaan pulau2 yang ada di bumi ini berasal.

  24. Putera Tanjung Siang Seram says :

    Saudara Alimuddin,telusurilah asal kejadian bumi ini baru kamu bisa mengenal buton, buton adalah sakral dan rahasia,jika kamu mngenal buton berarti kamu bisa mengenal rahasia yg ada pada dirimu, menyangkut raja2 dan sultan2 itu biasa orang2 yg sudah menempati pulau2 atau wilayah2 yg sudah berketurunan banxk pada masa2 itu.

    • Muhammad Alimuddin says :

      Putera Tanjung Siang Seram# anda sepertinya banyak tahu ttg buton. pertanyaannya sekarang yg mana penduduk asli buton? sejak kapan mereka berada di buton? apa ba
      hasanya? . jd jawab dulu pertanyaant saua ini sebelum bicara ttg asal isul penciptaan bumi dibuton???

    • Muhammad Alimuddin says :

      Putera Tanjung Siang Seram@ anda benar. bahlkan kami bukan saja sekedar tidak tahu tapi sampai gagal paham dgn pengetahuam anda ttg asL muasal pemciptaan bumi. teori anda itu bagusnya anda presentasikan di depan sidamg para profesor siapa tahu anda bisa jd profesor #capedeh

  25. Putera Tanjung Siang Seram says :

    Sobatku Alimuddin# dengan pernyataanmu di atas sudah pasti bahwa anda tdk mengenal bumi dan manusia berasal,anda hrs sadar kamu,aku dan lain2 d bumi ini semuax berawal dari buton termasuk muna bahkan daerah lain pun demikian,ingat kejadian bumi dan manusia itu hampir secara bersamaan dan jika aku buka ini berarti rahasia yg tersembunyi dlm diri akan juga terbuka maka tdk layak bila aku ceritakan d sini,penduduk aslix adalah kamu,aku dan lain2 bahkan penduduk muna pun juga aslix buton,kapan keberadaanx: semenjak orang pertama menginjak kakix d buton,bhs yg dipakai adalah bahasa diri,kemudian berkembanglah pulau2 lain serta manusia pertama di ketemukan dgn manusia kedua maka berkembang pulalah populasi manusia tersebut dan kemudian menempati pulau2 yg sdh d sediakan disanalah mereka berkembang dan membentuk kelompok2 kekuatan serta membentuk kerajaan2 dan lain2 sebagaix,maaf ini cuma cerita gambaran sinngkat supaya saudara bisa membuka hati iklas dan jujur tentang keberadaan buton dan orangx.

  26. Putera Tanjung Siang Seram says :

    Kawanku Alimuddin, siapapun dia yg mengetahui sejarah ini, sudah barang tentu tanpa egois dia akan mengakui bahwa kita semua adalah saudara punya ikatan satu asal satu awalu, ok demikian yech ” salam damai persaudaraan “.

  27. Muhammad Alimuddin says :

    Tuan La Kibara….. Saya dan juga beberapa orang Maluku yg komen disini yang mengatakan kalau tdj ada jejak sejarah Orang Buton di Maluku. Untuk anda ingat…. saya tdk perlu berhati hati tentang itu karena memang faktanya seperti itu.

  28. pathur says :

    Sy hanya ingin share tentang mitos la ode wuna, memang benar ada karna kakak sy sendiri pernah bertemu langsung dgn la ode wuna saat bertugas dipulau buton..

  29. Sampulawa Ram says :

    menarik kalau dicermati perdebatan putra tanjung siang seram dengan muhamad alimudin.. bukan membela saudara muhamad alimudin tetapi kita harus tahu makna sejarah. sejarah bukan mitos atau cerita dongeng, sejarah adalah kejadian masa lalu yang keberadaanya bersumber pada cerita tutur dan cerita tertulis yang dibuktikan dengan fakta sejarah. fakta sejarah adalah masa/fase sejarah, pelaku sejarah budaya dan adat istiadat masyarakat setempat. proses kejadian alam jagat raya, manusia dan budaya tertuang di dalam kitab suci agama samawi dan agama budaya. penciptaan bumi merupakan awal kehidupan yang bersifat ilahiyah, manusia merupakan anazar yang bersumber pada empat sifat zat. pertanyaanya kapan pulau/buton itu terbentuk apakah anda tahu? bagaimana dengan manusianya

  30. naim tehuayo naim says :

    maaf sudarah semua kami orang seram aja takut ceritakan sejarah yg tak tertuliskan ini,karna ada pasti yg menilai salah makasih….

Komentar Saya

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s