Untuk Tetap Hidup, Bayi Ini Harus Digelitiki


Sains & Teknologi

Apnea atau gangguan berupa terhentinya nafas selama 20 detik atau lebih saat tidur.

KAMIS, 29 DESEMBER 2011, 06:11 WIB
Denny Armandhanu, Indrani Putri
VIVAnews – Menggelitik bayi mungkin sekedar kegiatan menyenangkan bagi kebanyakan orangtua. Namun bagi Sanchia Norris, seorang ibu di Cambridgeshire, Inggris, menggelitik adalah salah satu cara untuk membuat putranya tetap hidup.

Nafas putranya, Benn, terhenti selama beberapa detik setiap tidur sehingga Norris harus menggelitiknya untuk membuatnya kembali bernafas. “Saya harus menstimulasinya untuk bangun dan kembali bernafas dengan menggelitik telapak kaki, dagu, dan perutnya. Itu saja cukup membuatnya kembali bernafas,” tutur Norris seperti dimuat harian Daily Mail.

Benn mengalami kelainan yang disebut apnea atau gangguan berupa terhentinya nafas selama 20 detik atau lebih saat tidur. Kondisi ini kerap ditemui pada bayi yang lahir prematur karena otot dan susunan syarafnya belum terbentuk sempurna ketika dilahirkan.

Benn sendiri memang terlahir prematur pada usia 24 minggu dan beratnya tidak mencapai satu kilogram. “Dia bahkan lebih kecil dari tangan saya. Para dokter sudah memberi tahu saya kalau kemungkinannya untuk bertahan hidup kecil,” kenang Norris.

Namun, setelah 18 minggu dirawat, Benn sudah diizinkan pulang. Dengan apnea yang dimilikinya, praktis Norris harus terjaga sepanjang malam supaya bisa menstimulasi putranya. “Pernah suatu kali nafasnya terhenti 23 kali, dan saya harus selalu menggelitiknya untuk membuatnya bernafas kembali,” katanya.

Gelitikan adalah cara yang paling umum diterapkan untuk penderita apnea saat nafas mereka terhenti. Dengan adanya stimulasi sentuhan, susunan syaraf mereka bisa kembali ‘bangun’ dan mereka bisa kembali bernafas.

• VIVAnews

Komentar Saya

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s